Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Setelah melakukan merge kini konsumsi energi Ethereum jauh lebih kecil dibanding Netflix & Youtube


Setelah melakukan merge kini konsumsi energi Ethereum jauh lebih kecil dibanding Netflix & Youtube -

Dilansir dari instagram @helloinvestasi.id setelah ethereum bertransisi ke Proof of Stake (PoS), Ethereum Foundation memperkirakan bahwa total energi yang dikonsumsi oleh jaringan hanya 0,01 TWh/tahun. Angka itu turun 99% dari 112 TWh/tahun ketika Ethereum masih menggunakan konsensus Proof of Work (PoW).

“The switch to proof-of-stake means the energy expended by the Ethereum network is relatively small - on the order of 0.01 TWh/yr.” Ethereum Foundation.

Dengan penurunan drastis tersebut, Ethereum Foundation memperkirakan bahwa energi yang dikeluarkan Ethereum setara dengan biaya menjalankan laptop sederhana untuk setiap node di jaringannya.

Sebagai perbandingan di sesama industri, Bitcoin PoW menghabiskan energi sekitar 200 TWh/tahun dan memancarkan sekitar 100 megaton karbon per tahun. Bahkan, penambangan BTC juga menghasilkan 32.000 triliun limbah listrik dari perangkat keras setiap tahunnya, menurut data Digiconomist.

Perusahaan teknologi perangkat lunak blockchain, ConsenSys menggambarkan Merge sebagai dekarbonisasi terbesar dalam sejarah teknologi. Hanya saja, ada peringatan besar juga setelah Ethereum Merge.

Di saat blockchain Ethereum mulai menjadi ramah lingkungan, banyak mantan penambang ETH mulai pindah menambang di jaringan lain. Mayoritas dari mereka mengatakan akan menambang di jaringan EthereumPoW (ETHW), yang bercabang dari mainnet Ethereum sebelum Merge.

Meskipun belum jelas apakah ETHW bisa mempertahankan minat jangka panjang, tetapi dalam jangka pendek, beberapa mantan penambang Ethereum mulai mencari cuan di tempat barunya.

Di sisi lain, jaringan blockchain yang ada seperti Ethereum Classic (ETC), Ravencoin (RVN), dan Ergo (ERG) juga mulai mengalami lonjakan tingkat hash setelah Merge. Artinya, mantan penambang ETH tetap menambang meskipun pindah ke jaringan lain.


Sumber : Ethereum Foundation 


Post a Comment for "Setelah melakukan merge kini konsumsi energi Ethereum jauh lebih kecil dibanding Netflix & Youtube"